Kamis, 29 November 2018

PTK : PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEANING DENGAN GAYA STAND UP COMEDY


PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN GAYA STAND UP COMEDY  DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII-A PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 PACET KABUPATEN MOJOKERTO
Oleh: Tiono, S.Pd.
SMP Negeri 2 Pacet Kabupaten Mojokerto.
Abstract
Tujuan pembelajaran IPS di sekolah menurut Arief Wcaksono (2013) , sebagai berikut:
1.      Memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap masyarakat atau lingkungannya, melalui pemahaman terhadap nilai-nilai sejarah dan kebudayaan masyarakat. 
2.      Mengetahui dan memahami konsep dasar dan mampu menggunakan metode yang diadaptasi dari ilmu-ilmu sosial yang kemudian dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial. 
3.  Mampu menggunakan model-model dan proses berpikir serta membuat keputusan untuk menyelesaikan isu dan masalah yang berkembang di masyarakat. 
4.    Menaruh perhatian terhadap isu-isu dan masalah-masalah sosial, serta mampu membuat analisis yang kritis, selanjutnya mampu mengambil tindakan yang tepat.
5.    Mampu mengembangkan berbagai potensi sehingga mampu membangun diri sendiri agar survive yang kemudian bertanggung jawab membangun masyarakat. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut dengan kondisi siswa di SMP Negeri 2 Pacet yang senang bergurau, bermain, minat  baca kurang, kalau diajak berfikir mereka kurang nalar, mintanya instant, sedangkan kalau di suruh presentasi tidak ada yang mau tampil, ; maka peneliti berupaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengambil tindakan pembelajaran Problem Based Learning dengan gaya stand up comedy.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Hasil siklus pertama masih perlu banyak pembenahan baik proses pembelajaran, berfikir kritisnya maupun presentasi menggunakan stand up comedy. Pada siklus ke dua, siswa sudah mampu berfikir kritis baik, namun dalam presentasi dengan stand up comedy masih perlu pelatihan lebih lanjut.

Kata Kunci :
Problem based learning, stand up comedy, dan kemampuan berfikir kritis.


Kami menyediakan berbagai kebutuhan anda klik:
www.hilmihijab.com 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar