RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ………………………………..
Kelas/Semester : VII/1
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Sosial (IPS)
Tema :
Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia
Sub
Tema : Letak Wilayah
dan pengaruhnya bagi keadaan alam Indonesia
Pertemuan Ke : 1
dan 2
Alokasi waktu : 4
x 40 Menit
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B.
KOMPETENSI DASAR
1.2.
Menghargai ajaran agama dalam berfikir dan berperilaku sebagai penduduk
Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial.
Menghargai karunia Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan manusia dan
Lingkungannya.
2.2Menunjukkan
perilaku rasa ingin tahu, terbuka dan kritis terhadap permasalahan sosial
sederhana.
2.3Menunjukkan
perilaku santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi
sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1. Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam
lingkup regional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi,
social, budaya, pendidikan, dan politik)
Indikator:
1.
Mendeskripsikan pengertian letak astronomis
2.
Menunjukkan letak astrnomis Indonesia
pada peta
3.
Mendeskripsikan
pengertian letak geografis
4.
Menunjukkan
letak geografis Indonesia pada peta
4.3
Mengobservasi
dan menyajikan bentuk-bentuk dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,
sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
Indikator :
1.
Menjelaskan
pengaruh letak astronomis Indonesia bagi kehidupan
2.
Menjelaskan
pengaruh letak geografis terhadap perubahan musim
3.
Menjelaskan
pengaruh positif dan negatif letak geografis bagi bangsa Indonesia
4.
Mencari
informasi batas-batas wilayah tempat tinggal masing-masing siswa
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Melalui diskusi siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan pengertian letak astronomis
2.
Menunjukkan letak astrnomis Indonesia
pada peta
3.
Menjelaskan
pengaruh letak astronomis Indonesia bagi kehidupan
4.
Mendeskripsikan
pengertian letak geografis
5.
Menunjukkan
letak geografis Indonesia pada peta
6.
Menjelaskan
pengaruh letak geografis terhadap perubahan musim
7.
Menjelaskan
pengaruh positif dan negatif letak geografis bagi bangsa Indonesia
D.
MATERI
POKOK
·
Letak
astronomis
·
Letak
geografis
·
Pengaruh letak astronomis dan geografis
Indonesia bagi kehidupan
E. METODE PEMBELAJARAN
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode :
Diskusi kelompokdan tanya jawab
F.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi waktu
|
Pertemuan ke 1
|
||
Pendahuluan
(sikap)
|
1. Persiapan
psikis dan fisik membuka pelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoabersama (spiritual)
2. Tanya
jawab tentang keadaan alam sekitar tempat tinggal siswa (menghargai pendapat orang lain)
3. Guru
menginformasikan tujuan yang ingin dicapai
|
10 menit
|
Inti (pengetahuan
dan keterampilan)
|
1.Guru memberi gambaran garis besar materi yang akan
dipelajari (rasa ingin tahu)
2. Siswa dibagi dalam 4 kelompok yang masing-masing
kelompok
beranggotakan 8 -9 siswa
Guru memberi pesan moral agar
siswa berperilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli, bekerja sama,
toleran dan percaya diri dalam
melaksanakan diskusi kelompok
3. Guru membagi tugas kepada setiap
anggota kelompok dengan permasalahan tentang letak astronomis(mengamati, menanya, kerjasama)
4. Setiap
kelompok berdiskusi tentang permasalahan yang telah diberikan oleh guru(mengumpulkan data dan mengasosiasi)
5. Setiap
anggota menyampaikan dan mendiskusikan hasil kerja kelompoknya kepada anggota
yang lain secara bergiliran (mengasosiasi, kerjasama
dan menghargai pendapat orang lain )
6.
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh kelompok lainnya( mengkomunikasikan)
|
60 menit
|
Penutup |
1.
Salah satu kelompok yang ditunjuk membuat
kesimpulan tentang materi yang telah didiskusikan
2.
Guru memberikan penguatan
simpulan siswa.
3. Melaksanakan
test secara lisan
4. Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mencari informasi tentang batas-batas
wilayah tempat tinggal masing-masing.
5. Menutup
pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
|
10
menit
|
PERTEMUAN
2
|
||
Pendahuluan
(sikap)
|
1. Persiapan
psikis dan fisik membuka pelajaran
dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama (spiritual)
2. Tanya
jawab tentang letak astronomis dikaitkan dengan materi letak geografis(menghargai pendapat orang lain)
3. Guru
menginformasikan tujuan yang ingin dicapai
|
10
menit
|
Inti
(pengetahuan)
|
1. Guru
memberi gambaran garis besar materi yang akan dipelajari (rasa ingin tahu)
2.
Siswa dibagi dalam 4 kelompok yang masing-masing
kelompok beranggotakan 8 -9 siswa
Guru memberi pesan
moral agar siswa berperilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli,
bekerja sama, toleran dan percaya diri
dalam melaksanakan diskusi kelompok
3. Guru membagi tugas
kepada setiap anggota kelompok dengan permasalahan tentang letak geografis(mengamati, menanya, kerjasama)
4.
Setiap kelompok berdiskusi
tentang permasalahan yang telah diberikan oleh guru(mengumpulkan
data dan mengasosiasi)
5. Setiap
anggota menyampaikan dan mendiskusikan hasil kerja kelompoknya kepada anggota
yang lain secara bergiliran (mengasosiasi, kerjasama
dan menghargai pendapat orang lain )
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya dan ditanggapi oleh kelompok lainnya ( mengkomunikasikan)
|
|
Penutup |
1.
Salah satu kelompok yang ditunjuk membuat
kesimpulan tentang materi yang telah didiskusikan
2.
Guru memberikan penguatan
simpulan siswa.
3. Melaksanakan
test secara lisan
4. Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mencari informasi tentang batas-batas
kabupaten Mojokerto dan provinsi Jawa Timur.
5. Menutup
pelajaran dengan berdoa sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing
|
G.
SUMBER
BELAJAR
1.
Alat
/
media : Komputer/laptop,Power Point, Internet,
peta Indonesia, peta dunia
2. Bahan/sumber ajar :Buku
siswa ,buku guru
H. PENILAIAN
1. jenis/teknik penilaian : tes
lisan, hasil diskusi
2.
bentuk instrumen : lembar kerja siswa
3. pedoman penilaia : terlampir
Mengetahui, Mojokerto, …………………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPS
………………………. …………………………
NIP.
LAMPIRAN 1
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat
melihat kebesaran Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu
pengetahuan
|
||||
Jumlah Skor
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai adalah :
Sangat Baik : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor
≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor :1,33 < skor≤
2,33
Kurang : apabila
memperoleh skor:skor ≤ 1,33
Lembar Pengamatan
Sikap
Kelas :
……………………….
Hari, tanggal :
……………………….
Materi Pokok/Tema : ……………………….
No
|
Nama Peserta Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Percaya Idris
|
|||
Keterangan Penskoran :
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspeksikap dan
kadang-kadang tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
LAMPIRAN 2
Ringkasan Materi
KEADAAN
ALAM DAN AKTIVITAS PENDUDUK INDONESIA
Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi
Keadaan AlamIndonesia
Bagaimanakah
dengan letak wilayahIndonesia? Gambaran umum tentang pengaruh letak Indonesia
terhadap keadaan alamnyaakan diuraikan berikut ini.
Letak
Astronomis
Letak
astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis
bujurnya. Garis lintang adalah garis khayal yang melintang melingkari bumi.
Garis bujur adalah garis khayal yang
menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan. Secara astronomis, Indonesia
terletakantara 95o BT - 141O BT dan 6O LU - 11O LS. Dengan letak astronomis
tersebut, Indonesiatermasuk ke dalam wilayah tropis. Wilayah tropis dibatasi
oleh lintang 23,5O LU dan 23,5OLS.
2.
Letak Geografis
Letak
geografis adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan
bumi.Secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra.
Benua yangmengapit Indonesia adalah Benua Asia yang terletak di sebelah utara
Indonesia dan BenuaAustralia yang terletak di sebelah selatan Indonesia.
Samudra yang mengapit Indonesia adalahSamudra Pasifik di sebelah timur
Indonesia dan Samudra Hindia di sebelah barat Indonesia.Wilayah Indonesia juga
berbatasan dengan sejumlah wilayah.
Batas-batas
wilayah Indonesiadengan wilayah lainnya adalah seperti berikut.
·
Di sebelah utara, Indonesia berbatasan
dengan Malaysia, Singapura, Palau, Filipinadan Laut China Selatan.
·
Di sebelah selatan, Indonesia berbatasan
dengan Timor Leste, Australia, dan SamudraHindia.
·
Di sebelah barat, Indonesia berbatasan
dengan Samudra Hindia.
·
Di sebelah timur, Indonesia berbatasan
dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
C. Keadaan Alam Indonesia
Keadaan
alam Indonesia dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu keadaan
fisikwilayah serta keadaan flora dan fauna. Keadaan fisik wilayah terdiri atas
keadaan iklim dan
keadaan
bentuk permukaan bumi (kondisi fisografis) yang kemudian akan menentukan jenis
tanahnya.
Sementara keadaan flora dan fauna menyangkut jenis keragaman dan sebarannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar