Rabu, 17 Oktober 2012

MODEL PEMBELAJARAN DOMINU GEOGRAFI DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POTENSI ALAM DAN PENDUDUK DUNIA SISWA SMP NEGERI 2 JATIREJO MOJOKERTO



MODEL PEMBELAJARAN DOMINU GEOGRAFI
 DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR
PADA MATERI POTENSI ALAM DAN PENDUDUK DUNIA
SISWA SMP NEGERI 2 JATIREJO MOJOKERTO

Nama                                               :     Tiono
NIP.                                                :     132 230 079
Jabatan                                            :     Guru Pengetahuan Sosial/Geografi
Pendidikan                                      :     S-1/Pendidikan Geografi IKIP Surabaya
Nama Instansi Unit Kerja               :     SMP Negeri 2 Jatirejo
Alamat Instansi Unit Kerja             :     Jl. Raya Baureno, Jatirejo, Kabupaten  Mojokerto
Masih belum memuaskannya  hasil Ujian Akhir Sekolah mata pelejaran IPS di SMP Negeri 2 Jatirejo menunjukkan tingkat penguasaan bahan ajar khususnya mata pelajaran Geografi belum optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah rendahnya minat belajar geografi siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar (ketuntasan belajar) dari siswa itu sendiri.
Keadaan yang demikian guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembelajaran di kelas.Minat belajar siswa dipengaruhi oleh ketrampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu seorang guru dituntut memiliki multi peran sehingga mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan sehingga diminati oleh siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Jatirejo melalui model pembelajaran permainan dominu geografi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 di SMP Negeri 2 Jatirejo Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah koisioner, lembar observasi, tets hasil belajar, sedangkan aanalisa data kroscek trianggulation dari siswa , guru, dan kolaborator.
Hasil penelitian yang diperoleh ternyata model permainan dominu geografi dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Jatirejo walaupun belum secara keseluruhan, tetapi setidaknya dapat membangkitkan semangat belajar siswa.
Pada siklus 1 kondisi pembelajaran memang masih banyak mengalami kesulitan terutama pada teknik permainan, namun dari sisi keaktifan dan semangat belajar siswa sangat tinggi dan kelihatan sehingga sampai waktu habis anank tidak terasa. Pada siklus 2 kondisi pembelajaran sudah berjalan lebih baik semangat tetap terjaga bahkan hasil tes belajar sudah lebih baik dari siklus 2. Pada siklus 3 guru menpertahan kan keberhasilan siklus 1 dan 2 serta menperbaiki kekurangan pada siklus 2, yaitu anak tidak hanya sekedar bermain tetapi juga diajak membuat permainan dominu Geografi untuk belajar dan hasilnya semangat belajar sangat baik dan hasil tes dan ulangan harian dapat mencapai ketuntasan secara klasikal yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar